Saturday, July 30, 2016

Tips & Trick: Belanja Online dengan Aman di Instagram

http://www.zoline.co.za/images/online-shopping-ecommerce-ss-1920.png

           Halo kali ini saya akan membagikan tips & trick berbelanja online yang aman di Instagram. Semoga post ini memberikan manfaat bagi kalian yang akan, sedang, atau pernah berbelanja online. Sedikit menceritakan pengalaman pribadi Adik saya yang sempat tertipu saat berbelanja via online di Instagram. Barang yang dipesan Adik saya selama 3 minggu tidak sampai, dan tidak ada itikad baik dari owner online shop tersebut untuk menerangkan kejelasan barang yang dipesan adik saya. Saat ditanya via whatsapp tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak online shop, padahal pesan singkat adik saya sudah terbaca. Karena merasa geram, saya mencoba untuk menghubungi customer service yang tertera di akun Instagramnya. Setelah mencoba menelepon sebanyak lima kali, telepon saya tidak kunjung diangkat. Saat saya menelepon menggunakan nomer rumah akhirnya diangkat oleh pihak OS tersebut, namun tidak ada orang yang menanggappi panggilan saya hanya ada suara orang sedang mengobrol di seberang sana. Akhirnya dengan sangat kesal saya menutup tlp setelah sebelumnya mengeluarkan unek-unek  karena merasa tertipu oleh online shop tsb. Setelah tiga hari, tidak disangka ternyata adik saya mendapat kiriman paket atas nama online shop tsb, setelah dicek isi paketnya adalah ZONK!. Barang yang dikirim hanya satu, padahal adik saya telah membayar sejumlah dua barang, dan parahnya lagi barang yang dikirim bukan barang pesanan adik saya. Entahlah, saya sangat tidak mengerti maksud online shop tersebut, jujur saja saya merasa dikerjai oleh OS tidak bertanggung jawab itu. Padahal awalnya kami sangat memercayai OS tersebut, karena Mama saya pernah melakukan transaksi dengan yang bersangkutan, dan barang pesanannya sesuai dan sampainya pun sesuai dengan estimasi lama pengiriman. Hal yang disayangkan adalah tidak adanya itikad baik dr pihak OS untuk melakukan refund terhadap transaksi dengan Adik saya dan malah mengirim barang yang SAMA SEKALI TIDAK SESUAI baik dari kondisi barang maupun jumlah barang yang dikirim. OS tersebut melakukan block pada akun Instagram adik saya sesaat setelah adik saya menanyakan kejelasan barangnya di kolom komentar. What on earth is  "diarachmastore_jogja" doing?

Oke baiklah sekarang langsung saja saya jelaskan tips & trick nya.

1. Indonesia Blacklist

           Langkah yang bagus untuk memulai online shopping yang aman adalah dengan melihat apakah online shop yang akan melakukan transaksi dengan kalian pernah mempunyai catatan buruk atau tidak. Indonesia Blacklist merupakan akun instagram yang menyediakan daftar akun onlineshop  dan akun personal di instagram yang memiliki catatan-catatan buruk berupa segala bentuk penipuan. Ada baiknya kalian melakukan cek & recek terhadap akun online shop sebelum kalian memutuskan untuk melakukan online shopping via instagram di https://www.instagram.com/indonesiablacklist/. Hal tersebut menurut saya akan sangat membantu kalian untuk mensortir online shop nakal dari list kalian. 

2. Customer Testimony 
http://zonabeli.com/img/cms/Testimoni2.JPG


           Online Shop dengan kiprah yang baik biasanya sudah memiliki banyak testimoni dari pada customernya. Anda akan menemukan banyak screenshot transaksi antara online shop tersebut dengan para customernya. Makin banyak screenshot transaksi yang ada di akun instagram sebuah online shop Insya Allah semakin baik pula tingkat kepercayaan online shop tersebut. Tetapi kalian tetap harus hati-hati karena banyak juga penipuan online shopping di instagram yang menggunakan screenshot palsu, mereka biasanya mencuri screenshot milik online shop lain. Jadi, apabila anda menemukan hasil screenshot yang sama anda patut curiga.

3. Resi Pengiriman Barang
http://vimax-original.net/wp-content/uploads/2015/06/bukti-resi-vimax.jpg

           Selain menampilkan screenshot transaksi, kebanyakan online shop juga membagikan resi pengiriman dari hasil pengiriman barang yang pernah mereka lakukan. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan para calon customernya bahwa online shop mereka memang trusted. Resi pengiriman tidak hanya ditampilkan dengan membagikan foto fisiknya, tetapi ada juga online shop yang hanya menampilkan nomor resinya di kolom caption foto mereka di instagram. Jadi bagi kalian calon buyers jangan ragu untuk bertanya tentang resi pengiriman yang pernah dilakukan oleh calon online shop yang akan melakukan transaksi dengam kalian.

4. Followers & Likes



           Followers dan Likes merupakan salah satu indikator yang menentukan kualitas sebuah online shop. Semakin banyak jumlah followers sebuah akun online shop seharunya semakin banyak pula likes yang didapat oleh akun online shop tsb. Nah, hal ini yang kurang diperhatikan oleh adik saya saat melakukan online shopping via instagram. Jumlah likes dan  followers sangat berbandik terbalik seperti yang dapat kalian lihat pada gambar di atas. Jumlah followers yang banyak dengan jumlah likes yang dapat dihitung jari sungguh tidak masuk di akal. Paling tidak sebuah online shop dengan jumlah followers di atas 2000 orang memiliki jumlah likes paling sedikit 1000 orang. Kalian patut curiga, maraknya jual beli followers robot yang ditawarkan oleh akun penyedia jasa suntik followers membuat kredibilitas para online shop diragukan, apalagi online shop dengan jumlah followes dan likes yang tidak seimbang. 

PS: Foto tersebut diambil dari online shop x, dan bukan merupakan online shop yang menipu adik saya. 

5. Keaslian Foto & Deskripsi Barang



           Sebelum melakukan transaksi menjadi hal wajib untuk menanyakan kepada pihak online shop mengenai keaslian foto dan detail barang. Foto menggambarkan bentuk dari barang yang akan anda pesan, namun apabila foto tersebut merupakan foto curian dari online shop lain maka anda harus siap-siap tertipu atau paling tidak merasa kecewa karena barang yang sampai tidak sesuai dengan foto yang ada di akun online shop tersebut. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, foto yang digunakan oleh online shop tersebut merupakan REFERENSI yang artinya online shop tersebut tidak menampilkan foto asli dari barang dagangan mereka, dan lihat detail foto apabila ditemukan hal-hal aneh seperti pada foto kedua ada coretan putih  yang tidak jelas seperti menutupi sebuah tulisan atau sesuatu, yang menurut saya menutupi watermark yang menempel di foto tersebut. Maka apabila kalian menemukan hal-hal seperti gambar di atas, saya tekankan untuk TIDAK MEMBELI barang pada online shop tersebut. 

           Lalu bagaimana bila online shop tersebut merupakan re seller yang tentunya akan memiliki foto yang sama dengan online shop lain yang juga merupakan re seller. Apabila online shop tersebut merupakan re seller maka kalian tentu akan menemukan deskripsi dari online shop tersebut di kolom profil mereka, dan apabila kalian tidak menemukannya maka kalian berhak menanyakan perihal online shop tersebut, apakah sifatnya sebagai supplier, re seller, atau bahkan drop shipper. 

Sekian tips & trick kali ini semoga bermanfaat untuk kalian para calon buyers yang akan melakukan online shopping di Instagram. Belanja aman, belanja nyaman!

2 comments:

  1. wahh ok ok sis, thx infonya blm pernah belanja lwat instagram lumayan dpt ilmu ^^ http://amrmedia.id

    ReplyDelete