Friday, November 8, 2013

Fungsi Keluarga dalam Masyarakat

               Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa anggota keluarga yang tinggal dalam satu atap dan saling ketergantungan. Keluarga memiliki peranan sebagai seperangkat perilaku, sifat, dan kegiatan antar pribadi yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Sedangkan peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dalam keluarga, lingkungan, dan masyarakat.
                  Lalu, apakah fungsi keluarga dalam masyarakat? Keluarga, seperti yang kita ketahui merupakan sebuah tolak ukur bagaimana seorang individu bersikap dan bertingkah laku. Keluarga yang baik tentu akan mendukung perkembangan yang baik pula bagi masing-masing anggotanya. Pribadi seseorang biasanya mencerminkan bagaimana keluarganya.
                 Keluarga tidak hanya berperan sebagai penentu perilaku masing-masing anggota dalam keluarga itu sendiri, tetapi keluarga juga memiliki peran dan fungsi sebagai pendidik, pelindung, dan pemberi rasa aman bagi anggota-anggota keluarganya yang juga menjadi anggota dari kelompok sosialnya dan anggota dari masyarakat. Fungsi tersebutlah yang akan menjadikan masing-masing anggota keluarga menjadi anggota masyarakat yang baik. Dalam hal ini peran orang tua memang yang paling menentukan dalam keluarga, sementara anak-anak akan melakukan peran psikosial nya sesuai dengan perkembangan psikis, fisik, dan sosial anak tersebut.
Faktor-faktor yang memengaruhi fungsi keluarga dalam masyarakat:


  • Komunikasi
    Komunikasi yang berjalan dengan baik antar masing-masing anggota dalam keluarga akan melatih pula komunikasi dalam bermasyarakat. Kualitas komunikasi yang dilakukan dalam keluarga akan membantu anggota keluarga tersebut melakukan proses sosialisasi dalam lingkungan masyarakat.
  • Ekonomi
    Taraf hidup sebuah keluarga yang diukur melalui tingkat ekonominya, tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu faktor penentu seorang individu bersikap dalam lingkungan masyarakat. Kemampuan ekonomi yang buruk tanpa didampingi dengan komunikasi yang baik antar anggota keluarga untuk memberikan pengertian bagi masing-masing keluarganya akan menjadikan seorang individu melakukan penyimpangan sosial.
  • Agama
    Agama dalam sebuah keluarga juga menentukan perilaku seorang individu dalam bermasyarakat. Agama membantu keluarga memperkenalkan dan mengajak anggota keluarga untuk menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini, baik dalam lingkungan masyarakat maupun lingkungan sosial, dan mengatur kehidupan lain setelah dunia. Agama membantu seorang individu untuk hidup lebih terorganisir dengan norma-norma yang berlaku dalam agama itu sendiri.

                   


referensi:

0 komentar:

Post a Comment