Wednesday, September 21, 2016

SARMAG Universitas Gundarma



Selamat datang dan berlaga di medan perang! *ealah. Selamat yaaa buat kalian yang masuk ke kelas 2KA88 a.k.a SARMAG SI 05. Selamat menderita *haha ketawa jahat*. Aku kira awalnya SARMAG dibekukan karena tidak ada kelas SARMAG untuk angkatan 2014 kemarin. Sempet sedih sih karena berarti kami SMSI 04 merupakan angkatan terakhir SARMAG, tapi ternyata... di BAAK ada daftar mahasiswa kelas KA88 waaaah :D

Tapi menurutku perekrutan mahasiswa SARMAG angkatan 2015 ini sedikit unik dan berbeda karena sudah ada daftar kelas terlebih dulu sebelum adanya seleksi. Agak bingung sih karena untuk angkatan aku, kelas kami baru muncul di BAAK gunadarma officially as 2KA88 saat perkuliahan di SARMAG sudah berlangsung kurang lebih 1 bulan *cmiiw Atau mungkin untuk kelas SARMAG angkatan 2015 ini tidak ada proses seleksi berupa TOEFL dan wawancara, jadi hanya sebatas seleksi dari IPK? Entah lah.. mungkin kalian yang merasa namanya ada pada gambar di atas bisa bantu menjawab dan berbagi pengalaman seleksi kalian di kolom komentar ^^

Oh iya pada postingan kali ini aku mau sedikit berbagi cerita pengalaman aku seleksi SARMAG, dan mau ngejelasin sedikit tentang "Apa itu SARMAG?". Enjoy reading!

Waktu itu.. (aku lupa tepatnya kapan) pokoknya aku dapat sms dari kampus yang inti dari isi smsnya menginformasikan kalau aku berhak mengikuti seleksi SARMAG. Waaahhh sempet seneng dan kaget haha, karena dari dulu aku gak pernah (sama sekali) mau masuk SARMAG. Bahkan sampe ada temen aku yang nanya "Tam, gimana kalo nanti lo dapet tawaran SARMAG?" dan aku jawab dengan tegas dan yakin "Gak ah, ngapain langsung S2 nanti gue mau kerja dulu, ga mau S2 kayanya" dan.... pas dapet sms dari kampus mengenai seleksi SARMAG aku langsung galau berat.. duh ilah. Pas pulang ke rumah curhat ke orang tua, dan minta pendapat mereka bagaimana baiknya. Apakah dilanjutkan saja atau tidak, karena jujur saat itu melihat kondisi orang tua yang harus membiayai adik aku kuliah di IPB beserta tetek bengeknya aku merasa seleksi SARMAG adalah sebuah opportunity yang sayang banget untuk dilewatkan.

Briefing pertama. Aku coba untuk hadir karena ingin tahu dengan jelas tentang apa dan bagaimana SARMAG itu. Dari briefing pertama aku jadi tahu bahwa SARMAG adalah program Sarjana Magister yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma bagi mahasiswa-mahasiswanya yang terpilih (cie kepilih) dan lolos hasil seleksi untuk menyelesaikan kuliah S1 lebih cepat dari mahasiswa reguler, dan langsung lanjut S2 dengan beasiswa. Siapa sih yang gak mau ikut SARMAG? Tapi Gundar memberikan itu gak cuma-cuma, bagi mahasiswa yang terpilih dan menyetujui untuk kuliah pada program ini, mahasiswa tersebut terikat kontrak dengan Universitas Gunadarma untuk mengajar (jadi dosen) dengan masa pengabdian 2n+1 dimana n adalah tahun kalian dibiayai beasiswa S2. Jadi contohnya gini. Kuliah S2 itu kan selama kurang lebih 1.5 tahun, nah artinya aku punya masa jabatan 2(1.5)+1= 4 tahun. Lamaaaaaa.... wkwkwk Eits tapi 4 tahunnya itu terhitung dari kbm S2 berlangsung, jadi saat aku sudah mulai perkuliahan S2 dan dapat jadwal mengajar artinya itu sudah mulai dihitung masa pengabdian, yang intinya aku setelah S2 punya masa pengabdian kurang lebih 2 tahunan lagi.. Semoga ga bingung yaa...


Oh iya waktu itu sempet tergiur dan merasa yakin untuk ikut program SARMAG adalah karena ada kesempatan lain yang ditawarkan oleh pihak kampus seperti:
1. Mahasiswa SARMAG akan diberikan jadwal untuk menjadi Asisten Lab
2. Setiap bulannya akan menerima uang saku sebesar (rahasia dong :p)
3. Fasilitas laptop core i7 untuk jurusan SI & TI, sedangkan untuk jurusan lainnya dapat fasilitas laptop core i5

Mayan khaaannnn???? wkwkwkwkwkwkwk :":":":"

Tapi hal-hal di atas tidak ada pada poin-poin kontrak yang nantinya harus ditandatangani. Jadi dulu tuh aku tanda tangan kontrak di atas materai dengan poin-poin ketentuan SARMAG gitu deh lupa isinya apa aja, dan persetujuan yang dibuktikan dengan penandatanganan kontrak itu pasti dan harus dilakukan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program SARMAG. Aku cuma mau ingetin aja sih, sebelum benar-benar yakin dan menandatanganinya alangkah baiknya kontrak tsb dibaca dengan seksama kalau ada poin-poin yang dirasa kurang jelas dan merugikan lebih baik kalian tanya langsung pada saat briefing. Oh iya dapet surat kontrak itu kalau ga salah pas briefing ke dua, dan kontrak itu ga mesti diisi pas briefing ke dua (boleh dibawa pulang) jadi kalian bisa diskusi dulu dengan orang tua, tanda tangan kontrak didampingi orang tua jadi ga ada beban hehe aku sih dulu gituuu...

Oh iya dari poin-poin di atas ada yang tidak (belum) terealisasi, doain aja ya semoga cepat terealissasi... Aamiin.

Satu hal sebagai reminding buat semua mahasiswa yang ingin masuk SARMAG. Kalian kalau sudah memilih untuk kuliah di program SARMAG harus siap mental, dan tenaga, juga perasaan (loh). Kalau kata orang anak SARMAG itu bisa stress (yaelaa boy). Iya sih emang di SARMAG banyak banget tugasnya (sepanjang masa kaya kasih ibu), emang di SARMAG tingkat kesulitannya tugasnya tinggi dengan deadline yang sempit. Tapi justru itu yang buat aku pribadi bikin aku makin semangat karena nantinya usaha-usaha itu (begadang, ngejar dosen untuk ngisi kuesioner, ngantuk parah pas jam kelas, presentasi yang mesti mateng dan berkelas, temen-temen yang super) bikin aku jadi mahasiswa yang punya kualitas lebih, able to work under pressure, able to present something different in sophisticated way, able to think out of the box, and much more.

Dan satu hal yang paling bikin aku baper saat memutuskan untuk ikut program SARMAG adalah, saat itu (sampai sekarang) aku belum tahu dan belum siap untuk beda waktu sama temen-temen deket aku dari kelas satu. Buat ngumpul susah, anak SARMAG libur anak reguler masuk, pun sebaliknya, jadi siap-siap baper yaaa hehehehe :"

Sekian yang bisa aku ceritain sedikit tentang SARMAG, semoga membantu kalian untuk memutuskan masuk SARMAG atau tidak hehe. Tunggu ya cerita-cerita seputar SARMAG di waktu yang lain.

Thanks for reading ^^





30 comments:

  1. Kak waty aku masuk daftar maba sarmag 05 kak gimana kak rasanya jadi anak sarmag??are you happy??kak waty ceritain dong sarmag lebih detail :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dek INAH :) Nanti tunggu cerita aku di postingan selanjutnya yaa. Thanks for reading 3:D. Liat ye UL di Kelas hahahahahahaha

      Delete
    2. Makasih ya kak waty udah bales komen akuuhhh :*

      Delete
    3. Sama sama de Inah, semoga kuliahnya lancar ya :)

      Delete
  2. kak ada ga mahasiswa sarmag yang kos di simatupang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok, di kelas aku ada 5 orang yang kos di deket kampus simatupang. Aku juga awal semester sempet kos, tp sekarang udah engga. Banyak kok kosan daerah simatupang ^^

      Delete
  3. Replies
    1. Thanks for walking on my blog, kaka penulis novel :3

      Delete
  4. sarmag itu untuk semua kampus, atau dari kampus tertentu aja?
    btw, Saya dari kampus K baru masuk tahun kemaren

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku, sarmag untuk semua mahasiswa di kampus Gunadarma manapun.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Kak saya mau tanya, ipk kakak saat semester 1 & 2 berapa ya kak? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hi, Feli! Duh wkwkkwk, IPK aku smt 1: 3.77, smt 2: 3.71. hiks :"

      Delete
    3. btw kak dikelas kakak sarmag ada ygipk sems 1 & 2 nya 3,6 ga kak?
      trus kalo nilai yg ada c nya tetep boleh ga kak? hehe etrimakasih kaak

      Delete
    4. Di kelas aku yang paling kecil IPK nya masih di sekitaran 3.7, Fel. Terus klo utk matkul yang C masih boleh kok. Sebenernya kan standar minimum IPK utk masing2 jurusannya beda fel, kayanya ada jurusan lain anak sarmag yang nilai ipk ya 3.6 an. Sama samaaa

      Delete
  7. Kak syarat dan kriteria sarmag apa aja ya,daftar dimana? Pengen ikut tp nilai blm cukup. Dan maks semester berapa ya, thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. IPK usahakan di atas 3.5 (tergantung jurusan). Tidak daftar, tapi apabila IPKnya memenuhi kriteria pada saat itu, maka akan dapat sms undangan briefing SARMAG (usahakan no.hp pada data diri yang diinputkan saat pembuatan KRS tidak diganti2 yaa). Seleksi SARMAG hanya pada semester 3. Semoga menjawab ^^

      Delete
  8. Kak yg petlu kita siapin biar dpet ipk sesuai kriteria sarmag gmn kak?aku msh semester 1,baru masuk,kmrin ppsppt ada sosialisasi tntang sarmag .tertarik untuk ikut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, dear. I am so sorry for replying this right now. Kemarin disibukan dengan banyak hal, jadi belum sempat cek blog lagi.

      Things that have to be prepared well to join us are..
      1. Rajin masuk
      2. Rajin kerjain tugas
      3. Rajin maju klo ada kuis
      4. Rajin jawab pertanyaan dosen soal materi2 gitu, supaya dikenal (lol, but this one works)
      5. UTS, UAS, UU minimal B biar IPK melejit, jadi ga usah khawatir ga dapet SARMAG.

      Hope it helps you, xoxo.

      Delete
  9. Kak yg petlu kita siapin biar dpet ipk sesuai kriteria sarmag gmn kak?aku msh semester 1,baru masuk,kmrin ppsppt ada sosialisasi tntang sarmag .tertarik untuk ikut.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. kak saya dapet info sms dari gunadarma, saya tidak datang briefingnya , nahh jika tidak datang ke tempat briefing sarmag berarti gagal untuk mengikuti testnya dong kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw saya dapet smsnya malah saat semester 4 kak

      Delete
    2. nggak kok, awal kan cuma briefing aja sosialisasi sarmag dan pengumuman schedule testnya. Jadi aman, asal pas tes dateng. Semangat!

      Delete
  12. Dapet laptopnya semester brp ya ? Ini udh 2 semester perkuliahan msh santuy dan sering sekali dosen ga masuk. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayanya terlalu telat kalau saya jawab skrg yaaa. Waktu itu dapet laptop di semester 5 kayanya. Anyway, aku nyesel masuk SARMAG :"

      Delete
  13. kak boleh cerita dikit ngga, aku baca komen kkak diatas, kkak nyesel masuk sarmag karena apa ya?

    ReplyDelete