Wednesday, April 30, 2014

Getting Closer with The Culture

Definisi Budaya Menurut Para Ahli:
  1. Nostrand (1989) mendefinisikan budaya sebagai sikap dan kepercayaan, cara pikir, berperilaku, dan mengingat bersama anggota komunitas tersebut. 
  2. Raymond Williams (1961)
    Budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.
  3. William H. Haviland
    Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.


UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

C. Kluckhohn di dalam karyanya yang berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan bahwa ada tujuh besar unsur kebudayaan universal, yaitu:


  1. Sistem Religi (Sistem Kepercayaan)
    Merupakan produk manusia sebagai homo religieus. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur yang sadar bahwa di atas kekuaran dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar sehingga dipercayai secara lahiriah dan menjadi sebuah kepercayaan (agama)
  2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
    Merupakan hasil dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa dalam kelemahan tubuhnya tetapi dengan nalar akal dan pikiran maka disusunlah organisasi kemasyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
  3. Sistem Pengetahuan
    Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan selain diperoleh dari diri sendiri juga dapat diperoleh dari orang lain. Kemampuan manusia untuk berkomunikasi dan berbahasa antara manusia satu dengan manusia lainnya menyebabkan pengetahuan menyebar luas, terlebih jika pengetahuan itu dibukukan, maka pengetahuan tersebut penyebarannya dapat berlangsung dari generasi ke generasi.
  4. Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem-Sistem Ekonomi
    Merupakan unsur kebudayaan yang terbentuk dari hakikat manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.
  5. Sistem Teknologi dan Peralatan
    Merupakan produk dari manusia sebagai homo faber. Manusia dapat membuat dan menggunakan alat-alat. Karena kemampuan inilah alat-alat yang diciptakan manusia dapat lebih mampu mencukupi kebutuhannya.
  6. Bahasa
    Merupakan sebuah hasil dari manusia sebagai homo longuens. Pada mulanya bahasa manusia diwujudkan dengan menggunakan kode yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahasa lisan, dan akhirnya menjadi bentuk tulisan
  7. Kesenian
    Merupakan produk dari manusia sebagai homo aesteticus. Manusia setelah memenuhi kebutuhan fisiknya juga perlu untuk memenuhi kebutuhan psikisnya mereka perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi dengan kesenian.
Cultural universal tersebut dapat dijabarkan lagi menjadi unsur-unsur yang lebih kecil yang disebut dengan aktivitas kebudayan atau cultural activity. Cultural Activity dapat dibagi lagi menjadi unsur-unsur yang lebih kecil yang disebur trait-complex. Akhirnya sebagai unsur kebudayaan terkecil yang membentuk trait adalam item.

Kebudayaan adalah suatu hal yang bersifat abstrak yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan sistem ide beserta gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Dalam Bahasa Sansekerta, budaya memiliki keterkaitan dengan budi dan akal manusia. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan memiliki nilai keterkaitan umum dengan sikap dan tingkah laku manusia yang dipengaruhi oleh akal manusia itu sendiri.

Kebudayaan, pada dasarnya dilakukan dengan akal manusia yang diwujudkan secara sikap atau tingkah laku yang kontinyu sehingga akhirnya membentuk suatu norma pada lingkungan masyarakat tersebut yang dianggap pantas dan sudah semestinya dilaksanakan oleh masyarakat-masyarakat sebagai anggota lingkungan tersebut.



Perwujudan kebudayaan adalah pola, dapat berupa pola sikap masyarakat yang dilakukan secara terus menerus dan akhirnya mengakar serta tumbuh sebagai kebiasaan yang mau tidak mau harus dilaksanakan. Pola bahasa, pola kebudayaan yang ditinjau dari aspek bahasa dapat dilihat dari banyaknya suku di Indonesia, masing-masing suku yang berada di wilayah Indonesia memiliki bahasa tradisionalnya, hal ini karena pada masing-masing suku atau kelompok telah mengakar sebuah bahasa nenek moyang masing-masing yang terus menerus digunakan sampai sekarang sehingga terbentuklah pola bahasa masing-masing suku yang pada akhirnya membudaya.

Kebudayaan, pada dasarnya ada karena sebuah sikap atau tingkah laku sadar manusia yang dilakukan secara terus menerus dalam suatu anggota kelompok tertentu. Di Indonesia, kebudayaan itu identik dengan perbedaan, mulai dari pola bahasa, sikap atau tingkah laku, maupun perbedaan pola pikir. Semakin banyak kebudayaan, maka semakin majemuk dan beragam karakteristik dari sebuah bangsa. Oleh karena itu, semakin kita mengenal kebudayaan masing-masing, maka akan semakin dekatlah kita dengan perbedaan dalam persatuan, maksudnya masyarakat Indonesia dengan keberagaman dan perbedaan budaya bersatu dalam satu bangsa yaitu Bangsa Indonesia. "Bhineka Tunggal Ika"

PERBEDAAN KEBUDAYAAN BARAT & TIMUR

A. Kebudayaan Barat

Kebudayaan Barat adalah sebuah kebudayaan yang tumbuh karena kesadaran dalam memahami ilmu pengetahuan dan filsafat. Sebenarnya, kebudayaan barat tidak bisa langsung di artikan sebagai kebudayaan yang berasal dari wilayah Barat. Awalnya westernculture atau kebudayaan barat adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di Eropa Barat, bukan Amerika, bukan Australia, dan bukan Negara Eropa Timur atau Selatan. Seiring dengan perkembangan, terjadilah pembatas yang memisahkan antara Timur dan Barat yang, mungkin, terpengaruh karena perbedaan ras, agama, persamaan kebudayaan di beberapa belahan negara, sehingga munculah istilah kebudayaan Barat dan Timur.

Tiga Ciri Dominan dalam Kebudayaan Barat
1. Penghargaan terhadap martabat manusia
2. Kebebasan (Freedom)
3. Penciptaan dan Pemanfaatan Teknologi


B. Kebudayaan Timur

Kebudayaan Timur adalah kebudayaan yang berkembang yang cara pembinaan kesadarannya dalam pelatihan fisik dan mental. Hal yang paling dominan dalam Kebudayaan Timur adalah adat istiadat yang masih terus di pegang teguh, konsep gotong royong, dan kebersamaan.


PERBEDAAN KEBUDAYAAN BARAT DAN TIMUR

1. Opini/Pendapat
Orang Timur cenderung berbelit-belit dalam mengungkapkan argumen, berbeda dengan orang Barat yang langsung masuk ke dalam pokok permasalahan tanpa basa-basi.

2. Life Style/ Gaya Hidup
Orang timur cenderung lebih suka hidup berkelompok sedangkan orang barat lebih cenderung hidup individualisme.

3. Makanan
Pada umumnya makanan orang Barat dibagi menjadi tiga, yaitu makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup. Sedangkan bagi orang Timur segala makanan adalah makanan pembuka.

Hal-hal tersebut adalah segelintir contoh perbedaan antara kedua budaya yaitu Barat dan Timur. Walaupun proses dari tebentuknya kebudayaan masing-masing berbeda, namun pada hakikatnya tujuan dari dua budaya tersebut adalah sama, yaitu untuk menyejahterakan kebudayaannya masing-masing.
referensi:
http://danisapujiati94.blogspot.com/2012/12/perbedaan-kebudayaan-barat-dan.html
http://dwihandaru.blogspot.com/2012/03/apa-yang-dimaksud-dengan-kebudayaan_02.html
apid.staff.gunadarma.ac.id/.../bab2-manusia_dan_kebudayaan.pdf
http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45448-Makalah-Perbedaan%20Kebudayaan%20Barat%20dan%20Kebudayaan%20Timur.html 



0 komentar:

Post a Comment